Tanya/Jawab 7-zip

Pertanyaan Pengguna

Bisakah saya menggunakan 7-Zip dalam perusahaan komersial?

Ya, 7-Zip adalah software gratis. Anda bisa menggunakannya pada semua komputer. Anda juga tidak perlu membayar atau mendaftar untuk menggunakan 7-Zip.

Bagaimana saya mengasosiasikan berkas ke 7-Zip dalam Windows 7 dan Windows Vista?

Anda harus menjalankan 7-Zip File Manager dalam mode administrator. Klik kanan ikon 7-Zip File Manager, lalu klik Run as administrator. Kemudian anda bisa mengubah asosiasi berkas dan pilihan lainnya.

Versi 7-Zip mana yang stabil?

Saat ini ada satu versi utama 7-Zip:

  • 7-Zip 9.20 - revisi ke-20 atas 7-Zip versi 9 (dimulai sejak 2009)

Versi beta terakhir biasanya memperbaiki beberapa bugs yang ditemukan di versi sebelumnya. Sehingga lebih stabil pada kebanyakan kasus. Secara umum, versi beta terakhir aman digunakan.

Mengapa tidak bisa melakukan operasi penambahan, penghapusan dan perbaruan pada beberapa arsip yang ada?

Operasi ini hanya tidak bisa dilakukan pada versi 7-Zip yang lama. 7-Zip terbaru bisa melakukan operasi apapun pada arsip yang "solid".

Mengapa 7-Zip tidak bisa membuka beberapa arsip ZIP?

99% kasus ini terjadi karena arsip berisi header yang tidak benar. Program ZIP lain bisa membuka arsip dengan header yang tidak benar karena program tersebut mengabaikan kesalahan.

Jika anda memiliki arsip seperti ini, mohon tidak menghubungi pengembang 7-Zip, tetapi coba cari program yang digunakan saat membuat arsip tersebut dan beritahu pengembangnya bahwa software mereka tidak kompatibel dengan ZIP.

Terdapat juga beberapa arsip ZIP yang di-enkode dengan metode yang tidak didukung oleh 7-Zip, misalnya, WAVPack (WinZip).

Mengapa 7-Zip tidak bisa membuka beberapa arsip RAR?

7-Zip masih belum bisa membuka format RAR 5 yang baru. 7-Zip baru mendukung format RAR 2/3/4 saja.

Mengapa ekstraksi arsip secara drag-and-drop dari 7-Zip ke Explorer menggunakan berkas sementara (temp)?

7-Zip tidak mengetahui lokasi (path) folder untuk target drop. Hanya Windows Explorer yang mengetahui target pasti untuk drop. Dan Windows Explorer memerlukan berkas (sumber drag) sebagai berkas hasil dekompresi dalam harddisk. Jadi 7-Zip mengekstrak berkas dari arsip ke folder temp lalu 7-Zip memberi tahu Windows Explorer lokasi berkas temp ini. Kemudian Windows Explorer menyalin berkas ini ke lokasi folder target drop.

Untuk menghindari penggunaan berkas temp, anda bisa menggunakan perintah Extract pada 7-Zip atau drag-and-drop dari 7-Zip ke 7-Zip.

Mengapa versi command line menambahkan berkas tanpa ekstensi ke dalam arsip?

Anda mungkin menggunakan tanda wildcard *.* . 7-Zip tidak menggunakan pengurai wildcard pada sistem operasi, akibatnya akan menganggap *.* sebagai semua berkas yang memiliki ekstensi. Untuk memproses semua berkas anda harus menggunakan tanda wildcard * .

Mengapa switch -r tidak bekerja seperti yang diinginkan?

Pada kebayakan kasus anda tidak perlu menggunakn switch -r. 7-Zip bisa mengkompres subfolder tanpa menggunakan switch -r.

Contoh 1:

  7z.exe a c:\a.7z "C:\Program Files"

akan mengkompres keseluruhan "C:\Program Files", termasuk semua subfolder.

Contoh 2:

  7z.exe a -r c:\a.7z "C:\Program Files"

akan mencari dan mengkompres "Program Files" pada semua subfolder dalam C:\ (misalnya, dalam "C:\WINDOWS").

Jika anda ingin mengkompress hanya berkas dengan beberapa ekstensi tertentu, anda bisa menggunakan switch -r:
  7z a -r c:\a.zip c:\dir\*.txt 

akan mengkompres semua berkas *.txt dalam folder c:\dir\ dan semua subfolder di dalamnya.

Bagaimana cara menyimpan lokasi lengkap dalam arsip?

7-Zip hanya menyimpan lokasi relatif berkas (tanpa awalan huruf drive). Anda bisa mengubah folder aktif ke folder yang lebih umum untuk semua berkas yang ingin anda kompres dan menggunakan lokasi relatif:

  cd /D C:\dir1\
  7z.exe a c:\a.7z file1.txt dir2\file2.txt

Kenapa 7-Zip tidak bisa menggunakan kamus yang besar dalam Windows 32-bit?

Windows 32-bit hanya bisa mengalokasikan 2 GB memori per aplikasi. Alokasi 2GB tersebut juga dipecah (fragmented, dengan beberapa berkas DLL), sehingga 7-Zip tidak bisa mengalokasikan 1 blok penuh ruang sementara. Hal ini tidak terjadi pada Windows 64-bit. Jadi anda bisa menggunakan kamus apapun dalam Windows x64, jika anda mempunyai besar RAM fisik yang dibutuhkan.

Bagaimana cara memasang 7-Zip dalam mode senyap?

Untuk instalasi dengan exe: Gunakan parameter "/S" untuk melakukan instalasi senyap dan parameter "/D=dir" untuk menentukan lokasi instalasinya. Mohon perhatikan penulisan huruf besar saat mengetik opsi ini. Secara bawaan 7-Zip menggunakan instalasi NSIS oleh Nullsoft.

Untuk instalasi dengan msi: Gunakan parameter /q INSTALLDIR="C:\Program Files\7-Zip".

Bagaimana cara memperbaiki arsip 7z yang rusak?

Ada beberapa kemungkinan dalam arsip yang rusak:

  • Anda bisa membuka arsip tersebut dan melihat daftar isi berkasnya, tetapi saat menjalankan perintah Extract atau Test ditemukan kesalahan: Data Error atau CRC Error.
  • Saat membuka arsip, muncul pesan "Can not open file 'a.7z' as archive"

Tetapi kita masih mungkin mengambil beberapa data dalam arsip yang rusak tersebut. Baca lebih lengkap mengenai cara memperbaikinya:

Memperbaiki arsip 7z yang rusak



Pertanyaan Pengembang

Kenapa ada kesalahan tautan saat melakukan kompilasi 7-Zip atau SDK LZMA dengan Visual C++ 6.0?

Untuk melakukan kompilasi kode sumber anda memerlukan Visual C++ 6.0 atau yang lebih baru. Juga ada beberapa berkas yang memerlukan platform SDK baru dari microsoft.com:

http://www.microsoft.com/msdownload/platformsdk/sdkupdate/psdk-full.htm atau http://www.microsoft.com/msdownload/platformsdk/sdkupdate/

Jika anda menggunakan MSVC, tentukan direktori SDK di bagian atas daftar direktori "Include files" dan "Library files". Ini bisa dilihat di "Tools / Options / Directories".

Platform SDK terakhir tidak kompatibel dengan MSVC6. Sehingga anda harus menggunakan Windows Server 2003 PSDK (Februari 2003) dengan MSVC6.

Bolehkah menggunakan EXE atau DLL dari 7-Zip dalam Aplikasi Komersial?

Ya, tapi anda harus menjelaskannya dalam dokumentasi aplikasi anda (1) bahwa anda menggunakan bagian program , (2) bahwa 7-Zip menggunakan lisensi GNU LGPL dan (3) anda harus menyertakan tautan ke www.7-zip.org, dimana kode sumber bisa ditemukan.

Bagaimana cara menyertakan fitur arsip 7z dalam aplikasi saya?

Salah satu cara adalah dengan menggunakan 7z.dll atau 7za.dll (bisa diunduh di sf.net). 7za.dll bekerja lewat antarmuka COM, tetapi tidak menggunakan antarmuka standar COM untuk membuat obyek. Anda bisa melihat contoh kecilnya dalam folder "CPP\7zip\UI\Client7z" pada kode sumber. Contoh lebih lengkap adalah 7-Zip itu sendiri, karena 7-Zip bekerja juga dengan dll ini. Juga ada aplikasi lain yang menggunakan 7za.dll seperti WinRAR, PowerArchiver dan lainnya.

Cara lainnya adalah dengan menjalankan versi baris perintah (command line): 7za.exe.

Bolehkah saya menggunakan kode sumber 7-Zip untuk aplikasi komersial?

Karena 7-Zip dirilis dengan lisensi GNU LGPL maka anda harus mengikuti aturan dalam lisensi tersebut. Singkatnya, kode yang berlisensi LGPL harus tetap dalam lisensi LGPL. Misalnya, anda mengubah kode dari 7-Zip atau membuat wrapper untuk beberapa kode dari 7-Zip dan mengkompilasinya menjadi DLL; tetapi kode sumber DLL tersebut (termasuk modifikasi / tambahan / wrapper anda) harus tetap dalam lisensi LGPL atau GPL. Kode lain dalam aplikasi anda bisa menggunakan lisensi apapun terserah anda. Dengan skema ini pengguna dan pengembang bisa mengubah kode berlisensi LGPL dan membuat kompilasi ulang DLL tersebut. Ini adalah gagasan software bebas, yang selengkapnya bisa anda baca di: http://www.gnu.org/. Anda juga bisa membaca tentang SDK LZMA, yang tersedia dengan lisensi yang lebih liberal.


Hak cipta © 2019 Igor Pavlov. Versi Bahasa Indonesia disediakan oleh idFOSS.